Dimanakah Berada Ruh-Ruh Orang Yang Sudah Mati ?

November222011
Dimanakah Berada Ruh-Ruh Orang Yang Sudah Mati ?
Untuk menjawab pertanyaan ini , baiklah kita ikuti cerita apa yang dilihat Nabi Muhammad s.a.w dalam mi'rajnya ketika beliau menginjakkan kakinya di langit yang pertama sampai ke langit yang ketujuh .

Sebelumnya terima kasih ku ucapkan pada semua saudara yang telah berkenan membaca postingan sebelumnya yaitu tentang Adam Menikah Di Dalam Syurga dan demi mempersingkat waktu , kita mulai saja Warta Berita Alam Ghaib yang mana kali ini akan membahas tentang Dimanakah Berada Ruh-Ruh Orang Yang Sudah Mati ?


Kata Nabi Muhammad s.a.w dalam perjalanan mi'rajnya :
Ketika aku tiba di langit pertama , aku disambut oleh para malaikat . Mereka berbaris seperti pasukan memberi hormat kepadaku .
Aku diiringi oleh Jibril terus menuju pintu masuk . Di situ oleh malaikat penjaga pintu diperiksa . Jibril dan aku ditanya apakah sudah ada izin dari Tuhan ? Jibril menjawab ya .

Kami berdua dipersilahkan masuk . Seketika kami masuk aku lihat seorang laki-laki duduk di kursi dikerumuni orang banyak , yang baru saja datang ketika itu . Kemudian mereka lalu datang rombongan yang lain mengerumuni orang itu juga .
Aku bertanya siapa dia dan siapakah mereka itu ?
Jibril berkata :"Itulah Nabi Adam a.s dan rombongan arwah anak cucunya yang sedang datang menghadap beliau disaat itu ."

Kemudian Jibril memperkenalkan aku , katanya : " Inilah Muhammad Nabi akhir zaman , atas perintah dan kehendak ALLAH , ia berkesempatan datang ke tempat ini ."
Kemudian Nabi Adam menjabat tangan ku setelah aku mengucap salam . Kata Nabi Adam : ''Selamat datang anak yang shalih dan Nabi yang shalih."
Aku lihat Nabi Adam duduk di kursi yang indah serta memakai pakaian kebesaran laksana seorang raja . Seketika aku akan meneruskan perjalanan ku , beliau tidak lupa mendo'akan aku .


Setelah aku meninggalkan Nabi Adam , Jibril menerangkan pada ku : "Ruh-ruh yang masuk ke pintu sebelah kanan Adam , itulah mereka yang akan masuk Syurga . Selagi pintu itu terbuka , tercium bau harum dari arah pintu itu . Dan mereka yang masuk ke pintu sebelah kirinya , itulah ruh-ruh anak cucu Adam yang akan masuk neraka . Maka ketika pintu terbuka tercium bau busuk dari situ .''

Kemudian aku meneruskan ke langit yang kedua , aku bertemu dengan Nabi Isa putra Maryam . Kelihatan badannya segar bugar seperti orang habis mandi . Di situ juga aku melihat ruh Nabi Yahya a.s dan Nabi Zakariya a.s dan ruh umatnya .

Di langit ketiga aku melihat Nabi Yusuf a.s dan ruh para umatnya .
Di langit keempat bertemu dengan Nabi Idris a.s dan ruh para umatnya .
Di langit kelima aku bertemu dengan ruh Nabi Harun a.s beserta ruh para umatnya .
Di langit keenam bertemu dengan Nabi Musa a.s dan ruh para umatnya . Maka atas usul Nabi Musa ini , shalat yang tadinya 50 waktu menjadi 5 waktu .
Dan terakhir di langit yang ketujuh aku bertemu dengan Nabi Ibrahim a.s beserta ruh-ruh para umatnya .


Demikianlah keterangan Nabi Muhammad s.a.w dalam cerita mi'rajnya dari langit yang pertama sampai langit yang ketujuh .
Jadi kesimpulan dari pada itu , ruh Nabi-Nabi dan ruh para umat yang telah meninggal dunia berada di langit-langit itu .
Jelasnya : Ruh-ruh itu berwujud manusia juga sebagaimana tubuh kasarnya di dunia .


Yang jadi pertanyaan ku sekarang , Dimanakah berada ruh-ruh para umat Nabi Muhammad s.a.w berada sekarang ?
Aku harap saudara semua bisa membantu ku untuk menjawabnya...!!!
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

85 tanggapan untuk "Dimanakah Berada Ruh-Ruh Orang Yang Sudah Mati ?"

Leehunriady pada 01:11 AM, 22-Nov-11

wah mantab banget ne bro,
tank's ya share nya.smile
sukses selalu.

nifa pada 01:26 AM, 22-Nov-11

hadir sob makasih infonya biggrin

amrye pada 01:45 AM, 22-Nov-11

bagus sob,ijin baca baca+absen mlm.

boejal pada 01:49 AM, 22-Nov-11

hadir absen sob. bukankah kita akan menjalani siksa kubur atau nikmat kubur. banyak hadist dan keterangan ayat2 alquran yg menceritakan kisah alam kubur.

Lukman pada 01:50 AM, 22-Nov-11

Numpang baca gan.^^

greh0n84 pada 01:59 AM, 22-Nov-11

aslmualaikum . .
boleh tanya sob dkit ?
kalo boleh tau itu crita di ambil dri mana ya , maksud qu al'hadis atw riwayat , al'qitab . . .
atw atau atau razz . .
soal'a bru dnger nie , mklum tukang pangkas rumput jd kurng paham lw soal gtuan . .
hhee . .razz

greh0n84 pada 02:05 AM, 22-Nov-11

m'f ya lw mnurut aq manusi akn kmbli dg apa yg ia prjuangkn !

Ya lw aq sih pngn'a kmbli kpd yg 4 perkara . .
hhe . .razz

Hasby pada 02:32 AM, 22-Nov-11

Absen shob.

Iman Hijrah dan Jihad pada 02:58 AM, 22-Nov-11

Oke Bener Sob Posnya

IndrachZ TheTechC pada 03:28 AM, 22-Nov-11

Thx ilmunya sob. Sukses buat sobat.

.:: AwiNothing ::. pada 04:42 AM, 22-Nov-11

Assalamu'alaikum

Maaf nih Sob baru bisa hadir,,, wink

Terima kasih untuk info'nya ya,,,,

Keep share always>>>

Eza3E_s60v2 pada 04:52 AM, 22-Nov-11

infonya mantab sobsmile

Peppy|yayashi pada 05:50 AM, 22-Nov-11

pgi kawan, klo masalah ruh orang yg udah mti mah berada dialam kubur/barzakh

Lilik Bagus pada 06:00 AM, 22-Nov-11

nice info sob thank biggrin

Sarilah pada 06:02 AM, 22-Nov-11

Mungkin di alam kubur sob.kurang paham sob.met pagi aja

Arya pada 06:15 AM, 22-Nov-11

absen + blogwalking sob bnyak yang update nich

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel pada 06:21 AM, 22-Nov-11

Menurut yg kutahu ,ya dialam kubur/barzhah krn nya ada siksa kubur,utk menyicipi sebagian dari hasil dosanya.klo nabi khan ngk punya dosa mk langsung diangkat ke langit

Kang Asep MWBer pada 06:28 AM, 22-Nov-11

assalamu alaikum sahabat...

mslh gaib ini hanya Allah yg Maha Tahu,kl mslh ruh,jgnkan manusia,Nabi kita jg tidak mengetahui karena sudah tercantum dlm surat Al Isra ayat...(lupa lg ayatnya) tentang kaum musyrikin yg menanyakan tentang mslh ruh kpd Rasulullah saw...hanya itulah yg ane tau secara singkatnya gt...oceh..?

Duqimuhammad pada 06:38 AM, 22-Nov-11

thanks infox sob...sukses slalu smile

Eko_Purwoko pada 06:45 AM, 22-Nov-11

Ijin baca aja sob, ane ga berani komentar takut salah.

Libra's Mobile Blog
http://eko05s.heck.in

Mugiyanto pada 06:56 AM, 22-Nov-11

absen pagi sob...sory baru bisg hadir ya...

endryct« pada 07:22 AM, 22-Nov-11

Post yg bgus sob,
Absen pagi aja. .

#Lnjut blogwalking

Marwox pada 07:28 AM, 22-Nov-11

hadir brow' met pagi biggrin

™©"Vivi's"©™ pada 07:49 AM, 22-Nov-11

mt pgi mas.
wah mantab banget ne mas, tank's ya share nya. sukses selalu jew.

A F R I T H O pada 08:26 AM, 22-Nov-11

hadirr mampir dan nyimak kanggg,,,

MARTID pada 08:28 AM, 22-Nov-11

ikutan baca maang... Xixixi... Kalo pengen tau yok kita mati dulu biar tau biggrin

Tauriza pada 08:43 AM, 22-Nov-11

di alam barzah s0b
xixixi

Sunan pada 08:50 AM, 22-Nov-11

Sependapat kumentar sobat2.. Selanjutnya stlh kiamat di alam akhirat padang mahsar.

JhaY pada 08:53 AM, 22-Nov-11

Leehundriady@thank juga sob,sukses selalu

nifa@sama2 bos...

amrye@silahkan di baca2 sob,mksh

Boejal@memang bnar bang n ane juga prnah posting tntang perjalanan seorang hamba menuju rabbnya dari alam kubur sampai ke jannah,,mantap bng cmmnx...i like it

lukman@sip gan,,silahkan di baca2....

Arif68 pada 09:46 AM, 22-Nov-11

semoga kita jdi umat nabi muhamad yg mendaptkn ampunan..lalu di tmptkn di tempt yg trbaik.

JhaY pada 09:49 AM, 22-Nov-11

greh0n84@waduh...,,lupa lg ksh sumberx tp woke sob...,,ini cerita ane ambl dari sebuah kitab yang brjudul "Warta berita alam ghaib sebelum Adam sampai hari kemudian" yg di nukil dari 14 Kitab antara nya Al-Qur'anul Karim,Tafsir Al-Jalalain,Tafsir Tanwirul-Miqbas,Abu Thohir Muhammad bin Ya'cub Alfairuz Zabadi dll.....
mksh sob atas masukanx....

Hasby@absenx di trima bro...,thank

Iman Hijrah dan Jihad@mksh trhebat dari ane untuk saudara...

IndrachZ@sukses juga bwt sobat....

BLACK LIONESS pada 09:58 AM, 22-Nov-11

kalau menurut aku sich, masih di alam kubur sampai kiamat kelak, maaf kalau salah sob, maklum bukan santri, hehe...

JhaY pada 10:08 AM, 22-Nov-11

AwiNothing@Wa'alaikumsalam wr.wb saudara q....,,gpp sob n lanjut thanks....

Eza3e_s60v2@mksh

Peppy|yayasih@mantap jawabanx sob,mksh tlah mmbntu q

Lilik Bagus@thank's

Sarilah@mksh atas jwabanx mbak...

Arya@woke sob,slmat bw aja ya !!

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel@ini jawaban yg ane tnggu2...,,mksh ats pncrahan bosmrgreenhehe

Kang Asep Mwbers@wow...,,ini yg paling super jwbanx...,,kayakx orang ini pantas jadi bntang film Misteri ILLAHImrgreenxixixixixixi

JhaY pada 10:31 AM, 22-Nov-11

Duqimuhammad@namax keren sobmrgreentenkyu

Eko_Purwoko@silahkan di baca sob,,mksh ea....

Mugiyanto@gpp bang...,lanjut....

endryct<@trim's

Marwox@hadir juga ahmrgreenhaha

Vivi's@mksh neng,,sukses juga jew

MARTID@ini jwbn yg pling jujurmrgreenyok mati bareng tp bos duluan ea ntar klo ada wktu kami susul eamrgreengkgkgkgkgkgk

Tauriza@mantap bos...!!

Sunan@woke sob,,mksh atas pncrhanx....

Arif68@Amiin ya Rabbal'alamiin.....

BLACK LIONESS@ane stju sob sm jwbnx,,mksh

Ijolumut'z pada 10:49 AM, 22-Nov-11

Makasih Sob artikelnya. Seperti jawaban sobat-sobat diatas, ruh orang yang sudah meninggal ditempatkan di Alam kubur, jika amal kita baik, Insya Allah penantian di alam kubur terasa cepat, tapi jika sebaliknya, akan terasa siksa kubur yang lama sampai Hari Kiamat tiba. Wallohua'lam..

JhaY pada 11:15 AM, 22-Nov-11

A F R I T H O@sip bang...,thank ea udah brkenan mampir...

Perpustakaan Online@mantap sob knjunganx...

Ijolumut'z@trima ksh yg sbesar2x ea bos atas jwbnx n sngat brmnft bagi q....

oea saudara semuax...,,skadar info saja nih tntang ruh2 orng yg mninggal dunia...,,klo brkenan silahkan saudara baca dsini...
http://putrabungsu.pun.bz/category/hidup-sesudah-mati/5.xhtml

smga bs sdkit mmbntu qt tntng pngetahuan alam ghaib atau perjalanan hidup sesudah mati....
thanks All....!!

Irvan pada 12:20 PM, 22-Nov-11

melongo aja akh

Exodius pada 12:53 PM, 22-Nov-11

Ga tau aq. biggrin
Wallohu a'lam

BLOGFAIZAL pada 12:59 PM, 22-Nov-11

Wah keren artikelx gan/sis,ane jg punya buku ini,thx infox ye smile di mohon kunjungan baliknya ok.blogx dh di follow,tolong follback kalu blm.Nitip lapak y gan

please visit:

Kumpulan Internet Gratis 21 - 22 November 2011
http://blogfaizal.mwb.im/kumpulan-internet-gratis-21-2011.xhtml

Erna Fitriani pada 01:46 PM, 22-Nov-11

sore gan..
artikelnya sangat menarik..

JhaY pada 02:54 PM, 22-Nov-11

Irvan@silahkan mlongo sobmrgreenhehe

Exodius@gpp gan,ane jg g' tahu cm Allah swt lah yg maha tahu semua nya...
Wallahu'alam...!!

BLOGFAIZAL@woke bos,,segera laksanakan....,,thank

Erna Fitriani@sore juga gan,,kayakx udah lama g' mncul nie...,mksh ea udah hadirmrgreen

Syiar muslim (Khaira ummah) pada 03:50 PM, 22-Nov-11

Asalamualaikum sahbt smile menurut yg kami ketahui ruh umat nabi muhammad saw berada di alam barzah saudaraku .dan untk menanggapi komen shbt yg tntg garis keturunan Abdullah bin amr bin ash jujur kami tdk paham shbt .mhon mav sblumy y shbt. smile

Muhammad Chairul Umam pada 03:51 PM, 22-Nov-11

aQ pun tak tau

Syiar muslim (Khaira ummah) pada 03:53 PM, 22-Nov-11

Asalamualaikum sahbt smile menurut yg kami ketahui ruh umat nabi muhammad saw berada di alam barzah saudaraku .dan untk menanggapi komen shbt yg tntg garis keturunan Abdullah bin amr bin ash jujur kami tdk paham shbt .mhon mav sblumy y shbt. smile

JhaY pada 04:13 PM, 22-Nov-11

Newfreedom@sama2 sob....

Syiar muslim (Khaira Ummah)@Wa'alaikumsalam wr.wb...saudara q !!
ane ucapkan trima kasih yang sebesar2x atas jwbanx n sngat brmnft sob...,,klo soal yg tadi gpp sob...,,sukses selalu !!

Muhammad Chairul Umam@mantap bos,sama2 g' tahu kitamrgreenhaha

Agiel pada 08:39 PM, 22-Nov-11

absen + nyimak sob.., biggrin

BLACK ANGEL pada 12:06 AM, 23-Nov-11

.mantap p0stngan.a s0b. .tingkatkan biggrin

Flambon pada 04:46 AM, 23-Nov-11

ane baca dlu sob..

Eko Prasetyan pada 07:16 AM, 23-Nov-11

Komentar dulu, , baru nyimak sampai puas pak Jhay. biggrin

+[val3nt]+ pada 07:18 AM, 23-Nov-11

thx infonya bermanfaat bgt,ijin follow dan ditunggu folbacknya...

BLACK LIONESS pada 09:47 AM, 23-Nov-11

allahumma sholi 'ala Muhammad

JhaY pada 10:17 AM, 23-Nov-11

Agiel@silahkan di simak n absenx udah ane smpan sob...tq

BLACK ANGEL@InsyaAllah akan sgra ditingkatkan stinggi2x bosmrgreenthank ats motivasix

Flambon@monggo bang....

Eko Prasetyan@sip pak eko,,silahkan disimak smpai keakar2x....

+[val3nt]+@segera mluncur bos....

BLACK LIONESS@WA'ALAALI MUHAMMAD....mrgreen

sinyobain ® pada 12:39 PM, 23-Nov-11

Helow bos,permisi permisi sinyo mw lewat,klo gk dikasih ukuran bsa Kawat,ca ca mari ca sinyo ca ca mari ca sinyo ca ca mari ca si sinyo emang...mrgreen

Anyoel KotoKers pada 12:46 PM, 23-Nov-11

mantap mantap mantap postx akhi.. Dapet lagi sobat seperjuangan.. Ane ijin follow.. And ditunggu follbackx.. Syukron smile

⣇metaLiar⣇ pada 01:34 PM, 23-Nov-11

absen n nyimak nih masbrow

Jutex pada 02:27 PM, 23-Nov-11

Mf sob ane telat nyimaknya.

iseng's pada 03:51 PM, 23-Nov-11

nyimak sob biggrin

Beenzrafael pada 06:50 PM, 23-Nov-11

jwbnx, ane ada bkx cmn gx th pasti dmn2x coz bnyk bngt crt2 yg dsiksa n sblkx gt. biggrin

Aku Ijal pada 07:42 PM, 23-Nov-11

mantap ni sob..
nice post..

Lanjutkan!!

Juess muqhtar hipnotist pada 02:15 AM, 24-Nov-11

sory telat. Hadir selalu sob. Mari saling berkunjung.. Ditunggu ya demi kemajuan blog bersama.

Blog untuk semua pada 06:21 AM, 24-Nov-11

Subhanallah nice artikelnya sob, jika ruh2 umat terdahulu berkumpul bersama nabinya, namun menurut ane sob, kalau umat Muhammad langsung sob kembali kepada Allah, kesimpulan ini ane ambil dari penggalan ayat yang artinya "WAHAI JIWA2 YG TENANG KEMBALILAH KEPADA ALLAH..." jd umat Muhammad adalah umat yg terakhir namun menjadi umat yang pertama memasuki surga, kesimpulannya ruh umat nabi terdahulu hrs menunggu selesainya umat Muhammad saw memasuki surga. Wallahu a'lam bisowwa perlu dikaji ulang.

Blog untuk semua pada 06:28 AM, 24-Nov-11

Maksud langsung disini ruh umat muhammad di dekatkan pada alam akhirat. Jadi Ruh Umat muhammad berada disuatu alam yang namanya alam barzah, yaitu suatu alam yang berada diantara dunia dan akhirat.

BLACK LIONESS pada 09:33 AM, 24-Nov-11

mampir lagi ah

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel pada 09:51 AM, 24-Nov-11

Klo penjelasan kang Asep ''nabi tdk tahu keberadaan roh ''ialah penjelasannya berkenaan dg bentuk,identitas dan kemampuan roh,tempat roh didalah tubuh kaliqqq.klo tempat roh setelah meninggal ialah didalam kubur,utk itulah diciptakannya alam kubur dan siksa kubur....kaliq jg....hehehe

kangjack pada 10:23 AM, 24-Nov-11

Maaf ya sob, kalau jarang komentar atau tidak memenuhi kunjungan balik ke blog sobat dikarenakan kesibukan dan jaringan ditempat saya kurang baik.
Harap dimaklumi ya.
Makasih atas infonya sob n tetap semangat.

Mohon dukungan komentar di http://goo.gl/HF0CL
Makasih sebelumnya.

JhaY pada 03:27 PM, 24-Nov-11

all@trima ksh bngt ya saudara q yg udah brkenan mampir dsini n tlah sudi mmberikan kmntrx sbgai motivasi bagi q tp mf ya aq g' bs bls kmntrx satu persatu krna akhr2 ini jringan super lelet di t4 aq...,,smga saudara semua di limpahi rahmat n karunia oleh Allah swt....!!

shareva tsakhila pada 02:06 AM, 25-Nov-11

kunjungan perdana gan ,
nice post nhe , smoga bisa mnjadi renungan buat kita semua smile

Gaara pada 10:13 AM, 25-Nov-11

siang sob...

Wah nais inpoh...

BLOGFAIZAL pada 12:41 PM, 25-Nov-11

Hadir gan.lupa dh komeng p blm ne.hehe

Andri Irawan pada 02:23 AM, 26-Nov-11

kunjungan perdana nih masbrot, keren keren artikel nya, ijin follow, di tunggu kunjungan balik nya sambil folbek ya brot

http://rankur.mywapblog.com/mig33-gratis.xhtml

Sarilah pada 08:11 AM, 26-Nov-11

Maaf sob.br mampir.banyak urusan di dunia nyata

⣇metaLiar⣇ pada 08:23 AM, 26-Nov-11

met pagi gan, idea makasih wat artikelnya gan smile

MONYET.pun.bz pada 08:33 AM, 26-Nov-11

nice info gan smile
ijin nyimak + absen smile

BLACK LIONESS pada 08:41 AM, 26-Nov-11

met pagi n met berakhir pekan sob

..::ARDI::.. pada 07:38 AM, 25-Dec-11

owh,,, bgitu yha,,,,
Hehe

Fajar Suhud Laksana~Fajr'z Blog pada 08:13 PM, 17-Jan-12

skedar baca2 dan mampir sob..

Oetjok pada 12:08 AM, 18-Feb-12

Kembali pada yg punya..

Darno pada 01:50 PM, 17-Jul-12

Pertanyaannya sekarang adalah Dimanakah Muhamad SAW sekarang??? (saat ini?????) bandingkan dengan hadist ini :“Aku mendatangi pintu surga pada hari kiamat untuk membukanya. Maka penjaga pintu bertanya, ‘Siapakah kamu?’ Aku menjawab, ‘Muhammad’. Ia megatakan, ‘Kepadamu aku diperintahkan agar aku tidak membukanya untuk seorangpun sebelummu” [HR.Muslim (3/73-Syarah An-Nawawi)]. kayaknya bertolak belakang ya..

sahda3-e pada 02:24 AM, 06-Dec-12

Assalamualaikum wr wr...
Denger-denger, kata'a orang yg sudah meningal, Bakalan di bangkitkan lagi pada hari kiyamaat, jd sekarang orang yg sudah meningal Itu ibarat orang yg lg trtidur pulas, bagi yg beramal soleh, tp bagi yg beramal buruk semasa hidup'a skarang ini sedang mengalami isksa kubur, sampai hari kiyamat tiba ini cmn penjelasan orang yg awam sodar.,, yg pasti gk ada yg tau persis selain ALLAH s.w.t & orang" yg sudah almarhum
Wassalam.

nenk toety setiawati pada 11:02 AM, 07-Feb-13

bismillahirohmanirahim,, dimanapun ruh orang yang telah mati. tpi kita yang hiduop punya ksempatan mendoakannya.

yoan winata pada 04:42 PM, 18-May-13

boleh ngk d copy...

sofie pada 10:49 PM, 31-May-13

bagus !!!
aku kagum sma nabi

indra pada 02:39 AM, 24-Oct-13

ass.....kematian manusia berawal dari kehidupan karna itu baik buruknya seseorang akn mendapatkn kebaikn dlm kehidupan ruh..seseorang yg menjalankn keburukan kehidupanya kelak di alam ahkirt mendapatkn apa yg dia perbuat.

ardhy putra bugis bone pada 02:10 PM, 04-Dec-13

roh orang yg sudah meninggal itu ada didalam kubur didalam tulang ekor pantatnya.karna hanya tulang itu yg gk bisa hancur walaupun ratusan tahun didalam tanah dan hanya melalui tulang itu manusia akan dibangkitkan kembali oleh allah jika hari akhirnya/kiamat sdah dtang dimana sangkakalah atau terompet telah ditiup n akan terdengar seluruh dunia.

ardhy putra bugis bone/081234692235 pada 02:16 PM, 04-Dec-13

pesan buat saudar2 saya.mati itu sesuatu hal yg pasti 6api masuk surga bukan hal yg pasti, tergantung prjalanan kita dari star smpai finis,bgaimana kita cara menggoresnya prjalanan itu baik atau tidak baik.jadi saudara2 mau masuk surga harus selalu ingat mati karna dgn mngingat mati kita kan selalu takut,malu mrasa selalu di awasi oleh allah atau malaikatnya n kita akan pasti/selalu malksanakan perintah allah n mjahui larangannya.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas